Study In Manado City? Why Not!

Kamis, Desember 29, 2016


Selamat datang di blognya gue. Yeah... Nama gue sari dan gue mau cerita sedikit tentang kuliah di Manado. Secara gue kuliah di kota ini jadi mau cerita dikitlah. Ada beberapa alasan kuliah di Manado lebih menarik dan lebih baik dibandingkan kuliah di kota lain. Mungkin bagi kalian yang tinggal di kota lain masih gak ngerti apa daya tariknya perkuliahan di kota Manado. Kalo gitu sok baca artikel gue ini sampe abis yaa..
Kuliah di Kota Manado

Kota manado adalah kota dengan daya tarik pariwisata melalui ekosistem kelautannya. Perairannya itu loh... baguuuss banget. Banyak banget spot-spot pantai yang kalo menurut gue kayak surga!. Nah bagi lu pada yang mau kuliah dengan ngambil jurusan pariwisata, perhotelan, ato perikanan kelautan udah pas banget lu kuliah di Kota Manado.

Udah dari dulu banget kota manado dikenal sebagai kota dengan ekowisata. Artinya emang masyarakat disini itu perekonomiannya di bidang pariwisata. Tapi dari pemerintah sendiri baru dideklarasikan sebagai Kota ekowisata tahun 2010, padahal masyarakatnya udah akrab banget dengan wisatawan-wisataawan dari jaman dulu. Sejak emak gue jaman SD ajah Bunaken udah terkenal katanya. So, maksud gue, kalo lu mau belajar tentang pariwisata atau mau studi penelitian tentang pariwisata, udah pas dah lu belajar di Kota Manado. Karena basic-nya emang kota pariwisata, lu juga akhirnya bisa sekalian ngerti prateknya kan...

Karena pariwisatanya terbilang maju, gak heran lah kalo di Kota Manado banyak bisnis hotelnya. Kurang lebih ada 25 hotel yang rate-nya 2-5 bintang (traveloka.com) . Selain itu banyak juga penginapan yang modelnya resort-resort gitu. Banyak deh pokoknya. Nah cocok banget kalo lu mau belajar perhotelan, secara bukan cuma teori doang yang lu pelajari, tapi bisa langsung pengimplikasiannya.

Yang ketiga gue mau ngomongin bidang perikanan dan kelautan. Kota Manado emang banyak laut dan pantainya yang indah – indah. Banyak deh yang bisa dibahas. Mulai dari ekosisem bawah lautnya, ekosistem pesisir pantai, budidaya biota laut dan pengolahan hasil laut sampe pelestariannya lu bisa belajar banget di Kota Manado. Kata temen gue yang kuliah perikanan kelautan, orang-orang yang kuliah di luar kota manado ajah pas mau praktek ato penelitian, ujung-ujungnya ke Kota Manado juga. Ya gue akui banget deh kalo kuliah perikanan kelautan di  Kota Manado ajib banget. Menurut gue belajar perikanan kelautan di kota manado paling oke deh se-Indonesia.

Belum lagi pemerintah sangat antusias dan memperhatikan banget di bidang perikanan kelautannya. Malahan Kota Manado menjadi sorotan dunia dalam hal kelautan. Menurut sejarah, kota manado selalu jadi tuan rumah kalo ada diskusi internasional tentang kelautan. Contohnya aje nih yee, 2009 ada WOC (World Ocean Conference), tahun 2014 ada WCRC (World Coral Reef Conference) dan gue dateng tuh conferencenya yang di Manado Convension Center tahun 2014 .

Jadi gini, lu ajah sebagai warga kota biasa, bisa ngerti dan pinter akan wawasan kelautan, apalagi kalo lu seriusin belajar di perkuliahan. Iya gak...

Untuk ilmu-ilmu yang lain gak kalah juga kok untuk dipelajari di Kota Manado. Lulusan-lulusan  Teknik Sipil, Arsitektur, Elektronika, Informatika, Akuntansi dll mereka juga bisa bersanding di dunia kerja dengan licah.

Satu hal lagi yang menarik, biaya pendidikan di Kota Manado itu terbilang sangat murah! Gak percaya? Temen sekelasa gue aja ada yang biaya SPP-nya Cuma Rp.500.000/semester ato  per enam bulan!. Artinya lu ngumpulin duit Rp.5000/hari aja, lu udah bisa banget kuliah disini.  Bahkan kalo lu emang terkendala banget masalah ekonomi, banyak banget beasiswa yang bisa ngasih lu biaya kuliah melebihi kewajiban biaya SPP lu.

Nah, kenapa bisa gitu? karena pemerintah Indonesia itu emang baik banget. Kuota beasiswa-beasiswa ato bantuan-bantuan lainnya di bidang pendidikan emang lebih banyak di daerah Tengah & Timur Indonesia. Jadi kesempatan lu besar deh! Alasannya supaya pendidikan di regional Tengah & Timur Indonesia lebih maju lagi!

Selanjutnya kalo lu mau tau kampus apa aja yang ada di kota Manado, nih gue kasih tau beberapa kampus yang udah jadi favorit di Kota Manado.

1.       UNSRAT – Universitas Sam Ratulangi: peringkat ke-59 se-Indonesia dan peringkat ke-4859 se-dunia. Website resmi: www.unsrat.ac.id

2.       Polimdo - Politeknik Negeri Manado: peringkat ke-130 se-Indonesia dan peringkta ke-10704 se-dunia. Website resmi: www.polimdo.ac.id

3.       UNIMA – Universitas Negeri Manado: peringkat ke-147 se-Indonesia dan peringkat ke-11906 se-dunia. Website resmi: www.unima.ac.id

4.       Unklab - Universitas Klabat: peringkat ke-307 se-Indonesia dan peringkat ke-20263 se-dunia. Website resmi: www.unklab.ac.id

5.       De La Salle Chactolic University Manado: peringkat ke-331 dan peringkat ke-21311 se-dunia. www.unikadelasalle.ac.id

Ranking di atas menurut survey webomatrics.info

Nah mungkin itu aja dulu yang mau gue omongin kali ini. Sampai bertemu di blog gue selanjutnya! J


You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images